Apa itu Pialang Saham? Bagaimana Cara menjadi Pialang Saham?

Apa itu Pialang Saham? Pengertian Pialang Saham adalah seseorang atau firma yang menjadi perantara jual beli saham di bursa saham untuk investornya. Investor adalah seseorang atau badan usaha yang sebagai pemilik modalnya yang menitipkan modalnya kepada pialang saham.

Pialang saham akan melakukan transaksi jual beli saham berdasarkan keputusan investornya, dan biasanya pialang saham akan memberikan acuan rekomendasi kepada investor bahwa saham mana yang akan diperjualbelikan. Banyak yang sukses menjadi pialang saham karena profit, namun juga ada yang tidak sukses.

Bagaimana caranya menjadi pialang saham?
Di Indonesia sudah banyak seseorang/badan usaha yang menjadi pialang saham. Mereka bekerja untuk investornya, dan akan mendapatkan komisi disetiap transaksinya. Apakah tertarik? Sesuatu yang akan diputuskan haruslah difikirkan matang-matang terlebih dahulu. Kita harus belajar banyak jika ingin menjadi pialang saham, kapan dan bagaimana cara memulainya, bagaimana cara kerjanya, apa resikonya dan sebagainya, hal ini tentu dengan berbagai pertimbangan-pertimbangan yang tidak mudah.

Untuk menjadi pialang saham kita harus bekerjasama dengan broker saham/perusahaan sekuritas terlebih dahulu yaitu dengan cara mendaftar di perusahaan sekuritas, kemudian mengisi saldo diperusahaan sekuritas. Saldo minimal adalah tergantung dari perusahaan sekuritasnya, karena setiap perusahaan sekuritas berbeda-beda. Ada yang 5 Juta untuk mahasiswa, ada yang 10 juta untuk umum, namun ada pula perusahaan sekuritas yang menentukan saldo minimal hanya 1 juta dan sebagainya.

Kemudian cara memilih perusahaan sekuritas mana yang terbaik? Semua perusahaan sekuritas adalah baik dengan pelayanan fasilitasnya serta komisi transaksi yang rata-rata komisi untuk setiap pembelian saham antara 0,1-0,3% sedangkan komisi untuk penjualan saham antara 0,2-0,4% namun kita tentunya akan memilih komisi transaksi yang paling rendah bukan. Perusahaan sekuritas milik pemerintah dipercaya bagus oleh para pialang saham. Contoh perusahaan sekuritas milik pemerintah adalah: BNI Sekuritas dan Bank Mandiri Sekuritas. Perusahaan sekuritas biasanya akan memberi rekomendasi serta informasi tentang analisa saham.
Transaksi jual beli saham bisa dilakukan di kantor perusahaan sekuritas atau melalui telepon. Namun jika kita ingin bertransaksi saham melalui internet, pilihlah perusahaan sekuritas yang sudah menyediakan layanan online trading.
Pertama kita download platform/software online tradingnya yang bisa kita dapatkan di website perusahaan sekuritas, kemudian ikuti panduan-panduan dari perusahaan sekuritasnya untuk memandu anda dalam caranya bertransaksi saham. Cek layanan fitur yang terdapat di platform, apakah indikator analisis teknikal lengkap? apakah beritanya update? Kemudian fitur riset saham serta informasi mengenai laporan keuangan perusahaan dan apakah ada fitur trailing stops atau stop loss? Dan  lain sebagainya.
Fitur-fitur diatas adalah fitur yang sangat membantu kita dalam bertransaksi jual beli saham.

Perlu dicatat bahwa rejeki setiap orang berbeda-beda dan kita hanya bisa berusaha Alloh lah yang akan menentukan.

Demikian informasi tentang pengertian Pialang Saham dan cara menjadi pialang saham semoga berguna.untuk kita semua.

Artikel Saham Terbaru